RENCANA PEMBELAJARAN
MENDALAM (RPM)
A.
Identitas |
|
Penyusun |
Darmadi, S.Pd |
Sekolah |
SD Negeri 01 Pemahan |
Tahun Pelajaran |
2025-2026 |
Semester |
Ganjil |
Mata Pelajaran |
PJOK |
Kelas / Fase |
3 / B |
Topik |
Menjelaskan fakta, konsep, dan prosedur, serta
mampu mempraktikkan aktivitas pembelajaran variasi pola gerak dasar berjalan,
berlari, dan melompat dalam bentuk permainan sederhana. |
Alokasi Waktu |
3x35 Menit |
B.
Identifikasi |
|
Identifikasi Murid |
·
Pengetahuan
awal: Siswa kelas 3 sudah memiliki kemampuan dasar berjalan, berlari, dan
melompat namun belum memahami variasi dari gerakan-gerakan tersebut. ·
Minat
belajar: Siswa memiliki ketertarikan tinggi pada aktivitas fisik dan
permainan yang melibatkan gerakan, terutama yang bersifat kompetitif dan
menyenangkan. ·
Kebutuhan
belajar: Siswa membutuhkan aktivitas pembelajaran yang mengembangkan
keterampilan motorik kasar, koordinasi tubuh, serta penguatan konsep variasi
gerakan melalui pengalaman langsung. |
Materi Pelajaran |
·
Faktual:
Bentuk-bentuk variasi pola gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat dalam
kehidupan sehari-hari. ·
Konseptual:
Prinsip-prinsip dasar dalam melakukan variasi pola gerak berjalan, berlari,
dan melompat yang benar. ·
Prosedural:
Tahapan melakukan variasi pola gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat
dalam permainan sederhana. ·
Metakognitif:
Kemampuan mengevaluasi dan memperbaiki gerakan sendiri serta menemukan
variasi gerakan baru. |
Dimensi Profil Lulusan |
·
Kesehatan:
Siswa dapat mengembangkan kesehatan jasmani melalui aktivitas fisik yang
terstruktur. ·
Kreativitas:
Siswa dapat mengembangkan berbagai variasi gerakan dalam konteks permainan. ·
Kolaborasi:
Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas dan
permainan. |
C.
Desain Pembelajaran |
|
Capaian Pembelajaran |
Pada akhir fase B peserta didik menerapkan
prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak berupa
permainan dan olahraga. |
Lintas Disiplin Ilmu |
·
Matematika:
Menghitung jarak, lompatan, dan mengukur waktu. ·
Seni:
Mengekspresikan gerakan melalui irama dan ritme. ·
IPA:
Memahami konsep gerak tubuh dan gravitasi. |
Tujuan Pembelajaran |
Setelah pembelajaran ini, siswa dapat: 1.
Menjelaskan
minimal 3 fakta terkait variasi pola gerak dasar berjalan, berlari, dan
melompat (mengingat). 2.
Mengidentifikasi
minimal 3 konsep penting dalam melakukan variasi gerak dasar (memahami). 3.
Mendemonstrasikan
prosedur variasi pola gerak berjalan, berlari, dan melompat dengan teknik
yang benar (menerapkan). 4.
Membandingkan
efektivitas berbagai variasi pola gerak dasar dalam permainan sederhana
(menganalisis). 5.
Mengevaluasi
kualitas gerakan diri sendiri dan teman (merefleksi). 6.
Menciptakan
variasi gerakan baru berdasarkan kombinasi gerak dasar yang telah dipelajari
(mencipta). |
Topik Pembelajaran |
Variasi pola gerak dasar berjalan, berlari,
dan melompat dalam permainan sederhana. |
Praktik Pedagogis |
·
Pendekatan:
Pembelajaran Mendalam yang berpusat pada siswa dengan prinsip berkesadaran,
bermakna, dan menggembirakan. ·
Model:
Project Based Learning dengan sintaks: 1. Penentuan pertanyaan mendasar 2. Mendesain perencanaan proyek 3. Menyusun jadwal 4. Memonitor kemajuan proyek 5. Menguji hasil 6. Mengevaluasi pengalaman ·
Metode: 1.
Demonstrasi 2.
Praktik
langsung 3.
Diskusi
kelompok 4.
Simulasi
permainan 5.
Refleksi |
Kemitraan Pembelajaran |
·
Melibatkan
orang tua dalam mendukung aktivitas fisik siswa di rumah. ·
Berkolaborasi
dengan pelatih olahraga lokal untuk memberikan demonstrasi variasi gerak. ·
Bekerja
sama dengan guru seni untuk mengintegrasikan aspek irama dalam gerakan. |
Lingkungan Pembelajaran |
·
Halaman
sekolah atau lapangan yang luas dan aman untuk aktivitas fisik. ·
Area
berumput sebagai media untuk melakukan variasi lompatan. ·
Lingkungan
kelas untuk diskusi dan refleksi pembelajaran. |
Pemanfaatan Digital |
·
Video
tutorial gerakan dasar sebagai bahan demonstrasi. ·
Aplikasi
timer untuk mengukur waktu dalam permainan. ·
Kamera/ponsel
untuk merekam gerakan siswa sebagai bahan evaluasi. |
D.
Pengalaman Belajar |
|
Kegiatan Awal (10 menit) |
1.
Guru
mengucapkan salam dan memimpin doa bersama untuk memulai pembelajaran.
(berkesadaran) 2.
Guru
mengecek kehadiran siswa dan memastikan kesiapan fisik siswa untuk melakukan
aktivitas olahraga. 3.
Guru
memimpin pemanasan sederhana dengan gerakan-gerakan dasar yang diiringi musik
riang yang disukai anak-anak. (menggembirakan) 4.
Guru
melakukan apersepsi dengan menanyakan pengalaman siswa tentang berbagai cara
berjalan, berlari, dan melompat dalam kehidupan sehari-hari. (bermakna) 5.
Guru
memberikan motivasi melalui cerita singkat tentang atlet anak yang sukses
berkat ketekunan berlatih gerak dasar, kemudian mengaitkannya dengan
pembelajaran yang akan dilakukan. (bermakna) Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna,
Menggembirakan |
Kegiatan Inti (85 menit) |
1. Memahami (30 menit) a. Guru menampilkan video pendek tentang berbagai
variasi gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat. (Penentuan pertanyaan
mendasar) b. Siswa dibagi dalam kelompok kecil (4-5 orang)
untuk mendiskusikan perbedaan variasi gerak yang ditampilkan dalam video.
(Kreativitas) c. Guru mendemonstrasikan beberapa variasi gerak
dasar: o
Variasi
berjalan (jinjit, berjalan mundur, menyamping, zigzag) o
Variasi
berlari (lari cepat, lari zig-zag, lari mundur) o
Variasi
melompat (lompat jauh, lompat tinggi, lompat jongkok) (Mendesain perencanaan
proyek) d.
Siswa
mengamati dan mencatat hal-hal penting dari demonstrasi guru. (berkesadaran) 2. Mengaplikasikan (40 menit) a. Siswa mempraktikkan variasi gerak dasar secara
bergantian sesuai instruksi guru. (Menyusun jadwal) b. Siswa melakukan permainan "Pos
Gerak" dimana setiap pos memiliki tantangan variasi gerak berbeda: o
Pos
1: Variasi berjalan (berjalan jinjit melewati garis) o
Pos
2: Variasi berlari (berlari zig-zag melewati cone) o
Pos
3: Variasi melompat (melompati garis atau simpai) (menggembirakan) c. Setiap kelompok merancang permainan sederhana
yang mengkombinasikan ketiga variasi gerak dasar. (Memonitor kemajuan proyek) d.
Kelompok
mempraktikkan permainan yang telah dirancang dengan pengawasan guru.
(Kolaborasi) 3. Merefleksi (15 menit) a.
Setiap
kelompok mendemonstrasikan permainan yang telah dirancang kepada kelompok
lain. (Menguji hasil) b.
Siswa
dari kelompok lain memberikan tanggapan dan saran perbaikan. (Kesehatan) c.
Guru
memfasilitasi diskusi tentang tantangan yang dihadapi dalam mempraktikkan
variasi gerak dan cara mengatasinya. (bermakna) d.
Siswa
melakukan refleksi individu tentang kemampuan diri dalam melakukan variasi
gerak dasar. (Mengevaluasi pengalaman) (berkesadaran). Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna,
Menggembirakan |
Kegiatan Penutup (10 menit) |
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan pembelajaran tentang variasi pola gerak dasar
berjalan, berlari, dan melompat. (bermakna) 2.
Siswa
melakukan pendinginan dengan gerakan-gerakan ringan yang dipimpin oleh guru.
(berkesadaran) 3.
Guru
memberikan umpan balik positif terhadap proses dan hasil pembelajaran serta
memberikan penguatan tentang pentingnya variasi gerak dasar dalam kehidupan
sehari-hari. (bermakna) 4.
Guru
menginformasikan kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu mengaplikasikan
variasi gerak dasar dalam permainan tradisional. 5.
Guru
memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran dan mengucapkan salam.
(berkesadaran) Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna |
E.
Asesmen Pembelajaran |
|
Awal |
·
Jenis:
Diagnostik ·
Bentuk:
Tes lisan dan pengamatan ·
Teknik:
Tanya jawab tentang pengetahuan awal siswa mengenai variasi gerak dasar
berjalan, berlari, dan melompat, serta pengamatan langsung kemampuan dasar
siswa. |
Proses |
·
Jenis:
Formatif ·
Bentuk:
Observasi dan penilaian kinerja ·
Teknik:
Pengamatan menggunakan rubrik penilaian sikap dan keterampilan saat siswa
melakukan aktivitas dan permainan, serta penilaian proses pembuatan dan
pelaksanaan permainan kelompok. |
Akhir |
·
Jenis:
Sumatif ·
Bentuk:
Tes praktik dan tes tertulis ·
Teknik:
Penilaian praktik variasi gerak dasar menggunakan rubrik keterampilan dan tes
tertulis untuk mengukur pemahaman konsep variasi gerak dasar. |
Mengetahui Pemahan, 15 Juli 2025
Kepala SD Negeri 01 Pemahan Guru PJOK
Basuni, S.Pd.I Darmadi, S.Pd
NIP. 196612191988021002 NIP.
199102022017081001
LAMPIRAN
Soal Asesmen Awal (5
Soal Uraian + Jawaban)
1.
Sebutkan 3
contoh variasi gerak dasar berjalan yang kamu ketahui! Jawaban: Berjalan jinjit, berjalan mundur, berjalan menyamping,
berjalan zigzag, berjalan dengan langkah panjang, berjalan dengan langkah
pendek.
2.
Apa
perbedaan antara lari cepat dan lari zig-zag? Jawaban: Lari cepat dilakukan dengan gerakan lurus ke depan dengan
kecepatan maksimal, sedangkan lari zig-zag dilakukan dengan gerakan
berbelok-belok melewati rintangan dengan perubahan arah.
3.
Mengapa kita
perlu melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas melompat? Jawaban: Pemanasan penting dilakukan
untuk mempersiapkan otot agar tidak kaku, mencegah cedera, meningkatkan aliran
darah ke otot, dan membuat tubuh lebih siap melakukan gerakan yang lebih berat
seperti melompat.
4.
Jelaskan
bagaimana cara melakukan lompat jauh yang benar! Jawaban: Cara melakukan lompat jauh yang benar adalah dengan awalan
berlari untuk mendapatkan momentum, tolakan dengan satu kaki pada papan
tolakan, melayang di udara dengan posisi tubuh condong ke depan, dan mendarat
dengan kedua kaki secara bersamaan dengan lutut ditekuk.
5.
Sebutkan 3
manfaat dari mempelajari variasi gerak dasar untuk kesehatan tubuh! Jawaban: Manfaat mempelajari variasi
gerak dasar antara lain meningkatkan kebugaran jasmani, memperkuat otot dan
tulang, meningkatkan koordinasi tubuh, melatih keseimbangan, dan meningkatkan
keterampilan motorik.
Rubrik Penilaian Sikap
(4 Skala)
Aspek yang Dinilai |
Skala 1 (Perlu Bimbingan) |
Skala 2 (Cukup) |
Skala 3 (Baik) |
Skala 4 (Sangat Baik) |
Kerjasama |
Belum mau bekerjasama dalam kelompok dan
cenderung mendominasi atau pasif. |
Terkadang mau bekerjasama dalam kelompok,
namun masih perlu diingatkan. |
Mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok
dan berkontribusi secara aktif. |
Mampu bekerjasama dengan sangat baik, aktif
mendorong teman lain untuk berpartisipasi, dan menghargai pendapat teman. |
Sportivitas |
Sering menunjukkan sikap tidak sportif,
seperti marah saat kalah atau mengejek teman. |
Kadang menunjukkan sikap sportif, namun masih
perlu diingatkan. |
Menunjukkan sikap sportif dalam sebagian besar
aktivitas pembelajaran. |
Selalu menunjukkan sikap sportif, menghargai
kemampuan teman, dan menerima kekalahan dengan lapang dada. |
Disiplin |
Sering tidak mengikuti aturan dan petunjuk
guru dalam melakukan aktivitas. |
Kadang mengikuti aturan, namun masih perlu
diingatkan. |
Mengikuti sebagian besar aturan dan petunjuk
guru dengan baik. |
Selalu mengikuti aturan dan petunjuk guru
dengan sangat baik, serta membantu mengingatkan teman lain. |
Tanggung Jawab |
Belum mampu bertanggung jawab terhadap
peralatan dan tugas yang diberikan. |
Kadang bertanggung jawab terhadap peralatan
dan tugas, namun masih perlu diingatkan. |
Bertanggung jawab terhadap peralatan dan tugas
yang diberikan dengan baik. |
Sangat bertanggung jawab terhadap peralatan
dan tugas, bahkan membantu teman dan guru dalam menjaga keteraturan
pembelajaran. |
Rubrik Penilaian
Pengetahuan (4 Skala)
Aspek yang Dinilai |
Skala 1 (Perlu Bimbingan) |
Skala 2 (Cukup) |
Skala 3 (Baik) |
Skala 4 (Sangat Baik) |
Pemahaman Fakta Gerak Dasar |
Hanya mampu menyebutkan 1 fakta terkait
variasi gerak dasar. |
Mampu menyebutkan 2 fakta terkait variasi
gerak dasar. |
Mampu menyebutkan 3 fakta terkait variasi
gerak dasar dengan benar. |
Mampu menyebutkan lebih dari 3 fakta terkait
variasi gerak dasar dengan detail dan benar. |
Pemahaman Konsep |
Belum memahami konsep dasar variasi gerak
berjalan, berlari, dan melompat. |
Memahami sebagian konsep dasar variasi gerak,
namun masih terdapat kesalahpahaman. |
Memahami konsep dasar variasi gerak dengan
baik dan mampu menjelaskannya. |
Memahami konsep dasar variasi gerak dengan
sangat baik, mampu menjelaskan dengan detail dan memberikan contoh yang
relevan. |
Pemahaman Prosedur |
Belum mampu menjelaskan prosedur melakukan
variasi gerak dengan benar. |
Mampu menjelaskan sebagian prosedur variasi
gerak, namun masih ada langkah yang terlewat. |
Mampu menjelaskan prosedur variasi gerak
secara lengkap dan runtut. |
Mampu menjelaskan prosedur variasi gerak
secara lengkap, runtut, dan dengan detail yang tepat, termasuk tips
pelaksanaan. |
Kemampuan Analisis |
Belum mampu menganalisis hubungan antar
variasi gerak dan penerapannya dalam permainan. |
Mampu menganalisis sebagian hubungan antar
variasi gerak, namun belum komprehensif. |
Mampu menganalisis hubungan antar variasi
gerak dan penerapannya dalam permainan dengan baik. |
Mampu menganalisis hubungan antar variasi
gerak dan penerapannya dalam permainan dengan sangat baik, disertai contoh
dan alasan yang logis. |
Rubrik Penilaian
Keterampilan (4 Skala)
Aspek yang Dinilai |
Skala 1 (Perlu Bimbingan) |
Skala 2 (Cukup) |
Skala 3 (Baik) |
Skala 4 (Sangat Baik) |
Variasi Berjalan |
Gerakan kaku, belum mampu melakukan variasi
berjalan dengan benar. |
Mampu melakukan 1-2 variasi berjalan dengan
cukup baik namun kurang lancar. |
Mampu melakukan 3 variasi berjalan dengan baik
dan lancar. |
Mampu melakukan lebih dari 3 variasi berjalan
dengan sangat baik, lancar, dan percaya diri. |
Variasi Berlari |
Gerakan kaku, belum mampu melakukan variasi
berlari dengan benar dan sering kehilangan keseimbangan. |
Mampu melakukan 1-2 variasi berlari dengan
cukup baik namun kadang kehilangan keseimbangan. |
Mampu melakukan 3 variasi berlari dengan baik,
stabil, dan terkontrol. |
Mampu melakukan lebih dari 3 variasi berlari
dengan sangat baik, stabil, terkontrol, dan efisien. |
Variasi Melompat |
Gerakan kaku, belum mampu melakukan variasi
melompat dengan benar dan sering jatuh saat mendarat. |
Mampu melakukan 1-2 variasi melompat dengan
cukup baik namun pendaratan kurang stabil. |
Mampu melakukan 3 variasi melompat dengan baik
dan pendaratan yang stabil. |
Mampu melakukan lebih dari 3 variasi melompat
dengan sangat baik, pendaratan yang stabil, dan koordinasi tubuh yang
sempurna. |
Kreativitas dalam Permainan |
Belum mampu menciptakan variasi gerakan baru
dalam permainan. |
Mampu menciptakan 1-2 variasi gerakan baru
dalam permainan dengan bantuan. |
Mampu menciptakan 3 variasi gerakan baru dalam
permainan secara mandiri. |
Mampu menciptakan lebih dari 3 variasi gerakan
baru dalam permainan yang kreatif, inovatif, dan sesuai konteks. |
Posting Komentar