RENCANA PEMBELAJARAN MENDALAM (RPM) PJOK KELAS 3 GERAK LOKOMOTOR

RENCANA PEMBELAJARAN MENDALAM (RPM)

 

A. Identitas

Penyusun

Darmadi, S.Pd

Sekolah

SD Negeri 01 Pemahan

Tahun Pelajaran

2025-2026

Semester

Ganjil

Mata Pelajaran

PJOK

Kelas / Fase

3 / B

Topik

Menjelaskan fakta, konsep, dan prosedur, serta mampu mempraktikkan aktivitas pembelajaran variasi pola gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat dalam bentuk permainan sederhana.

Alokasi Waktu

3x35 Menit

 

B. Identifikasi

Identifikasi Murid

·       Pengetahuan awal: Siswa kelas 3 sudah memiliki kemampuan dasar berjalan, berlari, dan melompat namun belum memahami variasi dari gerakan-gerakan tersebut.

·       Minat belajar: Siswa memiliki ketertarikan tinggi pada aktivitas fisik dan permainan yang melibatkan gerakan, terutama yang bersifat kompetitif dan menyenangkan.

·       Kebutuhan belajar: Siswa membutuhkan aktivitas pembelajaran yang mengembangkan keterampilan motorik kasar, koordinasi tubuh, serta penguatan konsep variasi gerakan melalui pengalaman langsung.

Materi Pelajaran

·       Faktual: Bentuk-bentuk variasi pola gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat dalam kehidupan sehari-hari.

·       Konseptual: Prinsip-prinsip dasar dalam melakukan variasi pola gerak berjalan, berlari, dan melompat yang benar.

·       Prosedural: Tahapan melakukan variasi pola gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat dalam permainan sederhana.

·       Metakognitif: Kemampuan mengevaluasi dan memperbaiki gerakan sendiri serta menemukan variasi gerakan baru.

Dimensi Profil Lulusan

·       Kesehatan: Siswa dapat mengembangkan kesehatan jasmani melalui aktivitas fisik yang terstruktur.

·       Kreativitas: Siswa dapat mengembangkan berbagai variasi gerakan dalam konteks permainan.

·       Kolaborasi: Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas dan permainan.

 

 

 

C. Desain Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase B peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak berupa permainan dan olahraga.

Lintas Disiplin Ilmu

·       Matematika: Menghitung jarak, lompatan, dan mengukur waktu.

·       Seni: Mengekspresikan gerakan melalui irama dan ritme.

·       IPA: Memahami konsep gerak tubuh dan gravitasi.

Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini, siswa dapat:

1.     Menjelaskan minimal 3 fakta terkait variasi pola gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat (mengingat).

2.     Mengidentifikasi minimal 3 konsep penting dalam melakukan variasi gerak dasar (memahami).

3.     Mendemonstrasikan prosedur variasi pola gerak berjalan, berlari, dan melompat dengan teknik yang benar (menerapkan).

4.     Membandingkan efektivitas berbagai variasi pola gerak dasar dalam permainan sederhana (menganalisis).

5.     Mengevaluasi kualitas gerakan diri sendiri dan teman (merefleksi).

6.     Menciptakan variasi gerakan baru berdasarkan kombinasi gerak dasar yang telah dipelajari (mencipta).

Topik Pembelajaran

Variasi pola gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat dalam permainan sederhana.

Praktik Pedagogis

·       Pendekatan: Pembelajaran Mendalam yang berpusat pada siswa dengan prinsip berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

·       Model: Project Based Learning dengan sintaks:

1.     Penentuan pertanyaan mendasar

2.     Mendesain perencanaan proyek

3.     Menyusun jadwal

4.     Memonitor kemajuan proyek

5.     Menguji hasil

6.     Mengevaluasi pengalaman

·       Metode:

1.     Demonstrasi

2.     Praktik langsung

3.     Diskusi kelompok

4.     Simulasi permainan

5.     Refleksi

Kemitraan Pembelajaran

·       Melibatkan orang tua dalam mendukung aktivitas fisik siswa di rumah.

·       Berkolaborasi dengan pelatih olahraga lokal untuk memberikan demonstrasi variasi gerak.

·       Bekerja sama dengan guru seni untuk mengintegrasikan aspek irama dalam gerakan.

Lingkungan Pembelajaran

·       Halaman sekolah atau lapangan yang luas dan aman untuk aktivitas fisik.

·       Area berumput sebagai media untuk melakukan variasi lompatan.

·       Lingkungan kelas untuk diskusi dan refleksi pembelajaran.

Pemanfaatan Digital

·       Video tutorial gerakan dasar sebagai bahan demonstrasi.

·       Aplikasi timer untuk mengukur waktu dalam permainan.

·       Kamera/ponsel untuk merekam gerakan siswa sebagai bahan evaluasi.

 

D. Pengalaman Belajar

Kegiatan Awal (10 menit)

1.     Guru mengucapkan salam dan memimpin doa bersama untuk memulai pembelajaran. (berkesadaran)

2.     Guru mengecek kehadiran siswa dan memastikan kesiapan fisik siswa untuk melakukan aktivitas olahraga.

3.     Guru memimpin pemanasan sederhana dengan gerakan-gerakan dasar yang diiringi musik riang yang disukai anak-anak. (menggembirakan)

4.     Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan pengalaman siswa tentang berbagai cara berjalan, berlari, dan melompat dalam kehidupan sehari-hari. (bermakna)

5.     Guru memberikan motivasi melalui cerita singkat tentang atlet anak yang sukses berkat ketekunan berlatih gerak dasar, kemudian mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilakukan. (bermakna)

Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan

Kegiatan Inti (85 menit)

1. Memahami (30 menit)

a.     Guru menampilkan video pendek tentang berbagai variasi gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat. (Penentuan pertanyaan mendasar)

b.     Siswa dibagi dalam kelompok kecil (4-5 orang) untuk mendiskusikan perbedaan variasi gerak yang ditampilkan dalam video. (Kreativitas)

c.     Guru mendemonstrasikan beberapa variasi gerak dasar:

o   Variasi berjalan (jinjit, berjalan mundur, menyamping, zigzag)

o   Variasi berlari (lari cepat, lari zig-zag, lari mundur)

o   Variasi melompat (lompat jauh, lompat tinggi, lompat jongkok) (Mendesain perencanaan proyek)

d.     Siswa mengamati dan mencatat hal-hal penting dari demonstrasi guru. (berkesadaran)

 

2. Mengaplikasikan (40 menit)

a.     Siswa mempraktikkan variasi gerak dasar secara bergantian sesuai instruksi guru. (Menyusun jadwal)

b.     Siswa melakukan permainan "Pos Gerak" dimana setiap pos memiliki tantangan variasi gerak berbeda:

o   Pos 1: Variasi berjalan (berjalan jinjit melewati garis)

o   Pos 2: Variasi berlari (berlari zig-zag melewati cone)

o   Pos 3: Variasi melompat (melompati garis atau simpai) (menggembirakan)

c.     Setiap kelompok merancang permainan sederhana yang mengkombinasikan ketiga variasi gerak dasar. (Memonitor kemajuan proyek)

d.     Kelompok mempraktikkan permainan yang telah dirancang dengan pengawasan guru. (Kolaborasi)

3. Merefleksi (15 menit)

a.     Setiap kelompok mendemonstrasikan permainan yang telah dirancang kepada kelompok lain. (Menguji hasil)

b.     Siswa dari kelompok lain memberikan tanggapan dan saran perbaikan. (Kesehatan)

c.     Guru memfasilitasi diskusi tentang tantangan yang dihadapi dalam mempraktikkan variasi gerak dan cara mengatasinya. (bermakna)

d.     Siswa melakukan refleksi individu tentang kemampuan diri dalam melakukan variasi gerak dasar. (Mengevaluasi pengalaman) (berkesadaran).

Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan

Kegiatan Penutup (10 menit)

1.     Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran tentang variasi pola gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat. (bermakna)

2.     Siswa melakukan pendinginan dengan gerakan-gerakan ringan yang dipimpin oleh guru. (berkesadaran)

3.     Guru memberikan umpan balik positif terhadap proses dan hasil pembelajaran serta memberikan penguatan tentang pentingnya variasi gerak dasar dalam kehidupan sehari-hari. (bermakna)

4.     Guru menginformasikan kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu mengaplikasikan variasi gerak dasar dalam permainan tradisional.

5.     Guru memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran dan mengucapkan salam. (berkesadaran)

Prinsip Pembelajaran: Berkesadaran, Bermakna

 

E. Asesmen Pembelajaran

Awal

·       Jenis: Diagnostik

·       Bentuk: Tes lisan dan pengamatan

·       Teknik: Tanya jawab tentang pengetahuan awal siswa mengenai variasi gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat, serta pengamatan langsung kemampuan dasar siswa.

Proses

·       Jenis: Formatif

·       Bentuk: Observasi dan penilaian kinerja

·       Teknik: Pengamatan menggunakan rubrik penilaian sikap dan keterampilan saat siswa melakukan aktivitas dan permainan, serta penilaian proses pembuatan dan pelaksanaan permainan kelompok.

Akhir

·       Jenis: Sumatif

·       Bentuk: Tes praktik dan tes tertulis

·       Teknik: Penilaian praktik variasi gerak dasar menggunakan rubrik keterampilan dan tes tertulis untuk mengukur pemahaman konsep variasi gerak dasar.

 

 

Mengetahui                                                                                    Pemahan, 15 Juli 2025

Kepala SD Negeri  01 Pemahan                                                     Guru PJOK

 

 

Basuni, S.Pd.I                                                                                 Darmadi, S.Pd

NIP. 196612191988021002                                                             NIP. 199102022017081001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

Soal Asesmen Awal (5 Soal Uraian + Jawaban)

1.     Sebutkan 3 contoh variasi gerak dasar berjalan yang kamu ketahui! Jawaban: Berjalan jinjit, berjalan mundur, berjalan menyamping, berjalan zigzag, berjalan dengan langkah panjang, berjalan dengan langkah pendek.

2.     Apa perbedaan antara lari cepat dan lari zig-zag? Jawaban: Lari cepat dilakukan dengan gerakan lurus ke depan dengan kecepatan maksimal, sedangkan lari zig-zag dilakukan dengan gerakan berbelok-belok melewati rintangan dengan perubahan arah.

3.     Mengapa kita perlu melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas melompat? Jawaban: Pemanasan penting dilakukan untuk mempersiapkan otot agar tidak kaku, mencegah cedera, meningkatkan aliran darah ke otot, dan membuat tubuh lebih siap melakukan gerakan yang lebih berat seperti melompat.

4.     Jelaskan bagaimana cara melakukan lompat jauh yang benar! Jawaban: Cara melakukan lompat jauh yang benar adalah dengan awalan berlari untuk mendapatkan momentum, tolakan dengan satu kaki pada papan tolakan, melayang di udara dengan posisi tubuh condong ke depan, dan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan dengan lutut ditekuk.

5.     Sebutkan 3 manfaat dari mempelajari variasi gerak dasar untuk kesehatan tubuh! Jawaban: Manfaat mempelajari variasi gerak dasar antara lain meningkatkan kebugaran jasmani, memperkuat otot dan tulang, meningkatkan koordinasi tubuh, melatih keseimbangan, dan meningkatkan keterampilan motorik.

 

Rubrik Penilaian Sikap (4 Skala)

Aspek yang Dinilai

Skala 1 (Perlu Bimbingan)

Skala 2 (Cukup)

Skala 3 (Baik)

Skala 4 (Sangat Baik)

Kerjasama

Belum mau bekerjasama dalam kelompok dan cenderung mendominasi atau pasif.

Terkadang mau bekerjasama dalam kelompok, namun masih perlu diingatkan.

Mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan berkontribusi secara aktif.

Mampu bekerjasama dengan sangat baik, aktif mendorong teman lain untuk berpartisipasi, dan menghargai pendapat teman.

Sportivitas

Sering menunjukkan sikap tidak sportif, seperti marah saat kalah atau mengejek teman.

Kadang menunjukkan sikap sportif, namun masih perlu diingatkan.

Menunjukkan sikap sportif dalam sebagian besar aktivitas pembelajaran.

Selalu menunjukkan sikap sportif, menghargai kemampuan teman, dan menerima kekalahan dengan lapang dada.

 

Disiplin

Sering tidak mengikuti aturan dan petunjuk guru dalam melakukan aktivitas.

Kadang mengikuti aturan, namun masih perlu diingatkan.

Mengikuti sebagian besar aturan dan petunjuk guru dengan baik.

Selalu mengikuti aturan dan petunjuk guru dengan sangat baik, serta membantu mengingatkan teman lain.

Tanggung Jawab

Belum mampu bertanggung jawab terhadap peralatan dan tugas yang diberikan.

Kadang bertanggung jawab terhadap peralatan dan tugas, namun masih perlu diingatkan.

Bertanggung jawab terhadap peralatan dan tugas yang diberikan dengan baik.

Sangat bertanggung jawab terhadap peralatan dan tugas, bahkan membantu teman dan guru dalam menjaga keteraturan pembelajaran.

 

Rubrik Penilaian Pengetahuan (4 Skala)

Aspek yang Dinilai

Skala 1 (Perlu Bimbingan)

Skala 2 (Cukup)

Skala 3 (Baik)

Skala 4 (Sangat Baik)

Pemahaman Fakta Gerak Dasar

Hanya mampu menyebutkan 1 fakta terkait variasi gerak dasar.

Mampu menyebutkan 2 fakta terkait variasi gerak dasar.

Mampu menyebutkan 3 fakta terkait variasi gerak dasar dengan benar.

Mampu menyebutkan lebih dari 3 fakta terkait variasi gerak dasar dengan detail dan benar.

Pemahaman Konsep

Belum memahami konsep dasar variasi gerak berjalan, berlari, dan melompat.

Memahami sebagian konsep dasar variasi gerak, namun masih terdapat kesalahpahaman.

Memahami konsep dasar variasi gerak dengan baik dan mampu menjelaskannya.

Memahami konsep dasar variasi gerak dengan sangat baik, mampu menjelaskan dengan detail dan memberikan contoh yang relevan.

Pemahaman Prosedur

Belum mampu menjelaskan prosedur melakukan variasi gerak dengan benar.

Mampu menjelaskan sebagian prosedur variasi gerak, namun masih ada langkah yang terlewat.

Mampu menjelaskan prosedur variasi gerak secara lengkap dan runtut.

Mampu menjelaskan prosedur variasi gerak secara lengkap, runtut, dan dengan detail yang tepat, termasuk tips pelaksanaan.

Kemampuan Analisis

Belum mampu menganalisis hubungan antar variasi gerak dan penerapannya dalam permainan.

Mampu menganalisis sebagian hubungan antar variasi gerak, namun belum komprehensif.

Mampu menganalisis hubungan antar variasi gerak dan penerapannya dalam permainan dengan baik.

Mampu menganalisis hubungan antar variasi gerak dan penerapannya dalam permainan dengan sangat baik, disertai contoh dan alasan yang logis.

 

Rubrik Penilaian Keterampilan (4 Skala)

Aspek yang Dinilai

Skala 1 (Perlu Bimbingan)

Skala 2 (Cukup)

Skala 3 (Baik)

Skala 4 (Sangat Baik)

Variasi Berjalan

Gerakan kaku, belum mampu melakukan variasi berjalan dengan benar.

Mampu melakukan 1-2 variasi berjalan dengan cukup baik namun kurang lancar.

Mampu melakukan 3 variasi berjalan dengan baik dan lancar.

Mampu melakukan lebih dari 3 variasi berjalan dengan sangat baik, lancar, dan percaya diri.

Variasi Berlari

Gerakan kaku, belum mampu melakukan variasi berlari dengan benar dan sering kehilangan keseimbangan.

Mampu melakukan 1-2 variasi berlari dengan cukup baik namun kadang kehilangan keseimbangan.

Mampu melakukan 3 variasi berlari dengan baik, stabil, dan terkontrol.

Mampu melakukan lebih dari 3 variasi berlari dengan sangat baik, stabil, terkontrol, dan efisien.

Variasi Melompat

Gerakan kaku, belum mampu melakukan variasi melompat dengan benar dan sering jatuh saat mendarat.

Mampu melakukan 1-2 variasi melompat dengan cukup baik namun pendaratan kurang stabil.

Mampu melakukan 3 variasi melompat dengan baik dan pendaratan yang stabil.

Mampu melakukan lebih dari 3 variasi melompat dengan sangat baik, pendaratan yang stabil, dan koordinasi tubuh yang sempurna.

Kreativitas dalam Permainan

Belum mampu menciptakan variasi gerakan baru dalam permainan.

Mampu menciptakan 1-2 variasi gerakan baru dalam permainan dengan bantuan.

Mampu menciptakan 3 variasi gerakan baru dalam permainan secara mandiri.

Mampu menciptakan lebih dari 3 variasi gerakan baru dalam permainan yang kreatif, inovatif, dan sesuai konteks.

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama